Kamis, 06 Oktober 2011

Contoh Surat Resmi (bhs. Indonesia)


Kepada Yth: Duta Besar Kerajaan Inggris                                                            13 Juni 2011                     Up
                            Konsul Humas
                               di
Jakarta
 Dari : Aden Sutiapermana
                    di
                        Bandung
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
            Nama                           : Aden Sutiapermana
            Alamat                        : Jl. Geger Kalong Girang No. 75 Rt.02/Rw.06 Kel. Isola
                                                  Kec. Sukasari Kota Bandung – Jawa Barat
            Jurusan / Program        : Pendidikan Sejarah / Strata 1
            Perguruan Tinggi         : Universitas Pendidikan Indonesia
            No. Kontak                 : 081806401987
            E-mail                          : adensutiapermana@yahoo.com

            Dengan surat ini saya mengajukan permohonan bantuan buku sumber mengenai Tarekat Bektasyiyah (Bektashi) dan mengenai Korps Inkisyariyah (Janissary). Buku sumber tersebut sangat saya perlukan dalam rangka menyusun penelitian (skripsi) dengan judul “Pengaruh Tarekat Bektasyiyah terhadap pasukan Inkisyariyah pada masa Sultan Abdul Hamid II (1808-1826)”. Berdasarkan judul penelitian, saya membutuhkan buku-buku tentang Sufisme atau Tasawuf, Tarekat Bektasyiyah, Korps Inkisyariyah (Janissari), dan Turki
Utmani khususnya masa Sultan Abdul Hamid II.
            Saya telah mencoba mencari beberapa buku sumber yang relevan dengan penelitian saya, namun beberapa buku yang versi aslinya diterbitkan dalam bahasa Inggris belum diterbitkan di Indonesia, baik dalam bentuk bahasa Indonesia (terjemahan) maupun dalam bentuk bahasa Inggris. Mengingat sulitnya mendapatkan buku sumber yang relevan dengan tema penelitian saya, maka saya memohon bantuan Kedutaan Besar Kerajaan Inggris untuk membantu saya dalam pengadaan buku-buku yang saya butuhkan. Adapun judul buku-buku yang saya butuhkan saya lampirkan pada lembar kedua surat ini.
            Demikian surat ini saya sampaikan, saya sangat mengharapkan bantuannnya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya mengucapkan terimakasih.                                  
                                                                                               
                                                                                                            Bandung, 15 Mei 2011


                                                                                                               Aden Sutiapermana


No.
Penulis / Penyusun
Judul Buku
Penerbit/Tahun Terbit**
1.
John Kingsley Birge
The Bektashi Order of Dervishes
Luzac Oriental (London): 1994
2.
A. J. Arberry
Introduction the History of Sufism
London, 1943
3.
A. J. Arberry
Sufism
London, 1950
5.
R. A. Nicholson
The Mystic of Islam
London 1914
6.
Norman Itzkowitz
Ottoman Empire and Islamic Tradition
New York, 1972
7.
Arnold Thomas
The Pearching of Islam
London, 1972
8.
Brown
The Dervishes or Oriental Spiritualism
-*
9.
J. Spencer Trimingham
The Sufi Order in Islam
London, 1980
10.
H. A. R. Gibb
An Interpretation of Islamic History
London, 1955
11.
Faroqhi, Suraiya
Bektashi Order in Anatolia.
-*
12.
Melikoff, Irene
Hadji Bektasch
Brill: 1998
13.
Popovic, Alexandre & Veinstein, Gilles
Bektachiyya
Less Edition Isis: 1995
14.
Yaman, Ali & Erdemir, Aykan
Alevism-Bektashism
Cem Foundation: 2006
15.
Nicolle, David & Hook, Christa
The Janissaries
-*
16.
Goodwin, Godfrey
The Janissaries.
Saqi: 2006
17.
Dionou, C. Dionysios
Twentieth-Century Janissary
-*
18.
Sunar, Mehmet Mert
Cauldron of Dissent: a study of the Janissary Corps, 1807-1826
-*
19.
Quataert, Donald
The Ottoman Empire, 1700-1922.
-*
20.
Inalcik, Halil
The Ottoman Empire: Conquest, Organization and Economy
-*


*        Saya tidak memiliki informasi tentang penerbit dan tahun terbit
** Penerbit dan Tahun hanya tambahan informasi, penerbit dan tahun terbit bisa saja berbeda-beda dan tidak terlalu masalah, yang terpenting adalah judul buku dan pengarang harus sesuai (sama)

1 komentar: